Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengawasan lingkungan Pelabuhan Ikan Mentok untuk mengantisipasi berbagai tindak kejahatan di lokasi itu.

"Pengawasan kami lakukan terhadap seluruh kapal yang bersandar di Pelabuhan Ikan Mentok dengan memeriksa barang angkutan dan dokumen," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat AKP Chandra Wijaya di Mentok, Senin.

Menurut dia, wilayah hukum Polres Bangka Barat merupakan wilayah kepulauan yang cukup rawan terjadinya berbagai tindak kejahatan lintas pulau sehingga perlu penguatan upaya antisipasi.

"Selain tugas rutin melakukan pengawasan atau patroli, dalam kesempatan bertemu dengan para nelayan lokal dan luar daerah di lokasi itu, kami juga memberikan pemahaman pentingnya menjaga situasi aman, nyaman dan tertib saat berada di kawasan pelabuhan maupun saat bekerja di laut," katanya.

Menjalin komunikasi dengan para nelayan dan awak kapal di pelabuhan penting dilakukan untuk memudahkan tugas menjaga situasi tetap kondusif.

Para personel juga lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan secara cermat barang-barang bawaan, baik kapal pengangkut bahan pangan maupun kapal nelayan.

Kegiatan pemantauan, pengawasan, dan pemeriksaan barang bawaan, kelengkapan kapal, dokumen kapal ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyelundupan bahan peledak, bius ikan, narkoba dan pelanggaran lainnya.

"Sampai saat ini situasi Pelabuhan Ikan Mentok kondusif dan para nelayan juga cukup aktif dan memiliki komitmen dalam menjaga keamanan, baik saat berada di pelabuhan maupun saat mereka melaut," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021