Polres Bangka Barat bersama UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Rambat Menduyung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman sebanyak 3.000 bibit tanaman mangrove di pesisir Mentok.

"Kegiatan bersama ini kami harapkan bisa membantu upaya pelestarian ekosistem dan lingkungan, terutama di Pantai Tanjunglaut, Mentok," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan, penanaman 3.000 batang bibit mangrove hari ini merupakan salah sayu bagian program Polri peduli penghijauan yang sudah dilaksanakan Polres Bangka Barat bersama Polsek jajaran.

Pada kegiatan itu, penanaman bibit tanaman juga melibatkan para Bhayangkari dan sejumlah warga yang tinggal di sekitar lokasi penanaman agar mereka merasa memiliki sehingga bisa ikut menjaga bibit yang sudah ditanam.

Pantai Tanjung Laut dipilih menjadi lokasi penghijauan ini karena pantai ini sangat rawan rusak, bibit mangrove yang ditanam tersebut nantinya diharapkan akan melindungi pantai tersebut dari kuatnya gelombang yang memicu abrasi.

Tanaman tersebut juga diharapkan dapat mengembalikan ekosistem di pantai tersebut sehingga akan menjaga kelestarian lingkungan

"Mudah-mudahan mangrove ini cepat tumbuh sehingga bisa membantu mencegah abrasi. Selain itu, mangrove akan membuat pantai ini semakin indah dan hijau," kata Kapolres.

Kepala UPTD KPHP Rambat Menduyung, Tanaim, mengapresiasi kegiatan bersama tersebut dan berharap ke depan bisa dilaksanakan di tempat lain secara rutin.

"Semakin banyak yang terlibat semakin baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, terima kasih Polres dan jajaran yang telah memberikan dukungan dan membantu kami menanam lebih banyak lagi," kata Tanaim.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021