Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI mengapresiasi PT Timah Tbk yang mengembangkan "restocking" telur cumi dalam mereklamasi laut Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena dapat meningkatkan populasi cumi dan kesejahteraan nelayan.

"Kita berharap melalui program ini nantinya dapat berlanjut dan ini bisa menjadi contoh sinergisitas antara penambangan, pariwisata, dan kelautan perikanan daerah ini," kata Kasi Perlindungan Lingkungan dari Kementerian ESDM, Jajat Sudrajat saat melepas ratusan anakan cumi di Perairan Tikus Emas Bangka, Senin.

Ia mengapresiasi kegiatan restocking cumi PT Timah Tbk, karena program itu merupakan program berkelanjutan yang masih dalam satu siklus program dari reklamasi laut di lingkungan operasional perusahaan berplat merah ini.

Baca juga: PT Timah Lepas Ratusan Anakan Cumi di Pantai Tikus Emas

"Restocking ini yaitu telur cumi yang diambil dari lokasi fish shelter yang sebelumnya ditenggelamkan PT Timah, kemudian ini ditetaskan di darat, lalu dilepaskan lagi ke laut," ujarnya.

Menurut dia, restocking telur cumi ini satu cycle program reklamasi yang dilakukan secara continue. Itu hal yang sangat baik, mungkin kegiatan tersebut pertama di Babel bahkan di Indonesia.
Kementerian ESDM mengapresiasi kepada PT Timah dan timnya, serta berharap kegiatan itu bisa dilakukan secara berkelanjutan dan terus berkembang.

Pihaknya jga memberikan apresiasi kepada tim akademisi yang telah turut melaksanakan kegiatan tersebut, juga pengusul KEK yang telah bersedia atas pelepakan anakan cumi di kawasan itu.

Pengusul KEK PT Pantai Timur Sungailiat Alexander Lie  menyambut baik adanya kegiatan pelepasan anak cumi di Pantai Tikus Emas yang merupakan salah satu kawasan yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata .

"Tentu ini baik dan ini sinergi yang baik antara pertambangana dan pariwista, kami berharap ini berkelanjutan dan banyak hal bisa dikerjakan bersama. Kalau ada kerja sama, ini tentunya akan membantu mempercepat kawasan ini ditetapkan menjadi kawasan KEK, kita berharap terus ada sinergi seperti ini dengan PT Timah," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021