Koba (Antara Babel) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, sudah menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015.

"Kami sudah menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah daerah dan penyelenggara Pemilu, membicarakan persiapan Pilkada," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP M Zainul melalui Wakapolres Kompol Stevanus di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, rapat koordinasi membicarakan sinkronisasi pola pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian dengan agenda politik yang diselenggarakan KPU dan pemerintah daerah.

"Namun yang pasti pola pengamanan yang kami lakukan tidak jauh berbeda dengan Pemilu sebelumnya karena tetap dilaksanakan secara terbuka," ujarnya.

a menjelaskan, sejumlah personel dikerahkan di sejumlah titik pelaksanaan pemilihan kepala daerah, mulai dari kampanye politik hingga pencoblosan.

"Objek vital tetap dilakukan pengamanan ketat di antaranya kantor KPU, Panwaslu dan Panwascam serta seluruh TPS," ujarnya.

Ia mengatakan, kendati jadwal Pilkada belum dipastikan tanggal dan bulan berapa namun tetap dilakukan persiapan dini.

"Terkait anggaran yang disediakan di Polres Bangka Tengah, tentu masih menunggu jumlah personel yang akan dikerahkan nanti," ujarnya.

Ia menegaskan, pihak kepolisian tetap berada pada jalur sebagai penegak hukum yang siap mengawal pesta demokrasi agar berjalan kondusif.

"Tugas kami bagaimana pemilu berjalan kondusif, tidak terjadi konflik horizontal yang dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015