Harga ayam potong di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, naik dari Rp38 ribu per kilogram menjadi Rp41 ribu per kilogram akibat berkurangnya pasokan ayam potong di daerah itu.

"Kenaikan harga disebabkan terbatasnya stok ayam di peternak," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, selain itu kenaikan harga ayam potong juga disebabkan oleh kenaikan harga bibit ayam dan pakan ternak dalam beberapa waktu terakhir ini.

Ia memperkirakan, harga ayam potong akan terus mengalami kenaikan seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Kami harapkan kenaikan harga ayam Rp45 ribu per kilogram tidak lebih dari harga tersebut," ujarnya.

Jika kenaikan harga ayam melebihi batas tersebut maka pihaknya akan segera menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga ayam potong.

"Kami juga sudah merencanakan menggelar operasi pasar menjelang Idul Fitri 1442 guna memenuhi kebutuhan masyarakat pada 27 April mendatang," katanya.

Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok lainnya, lanjut Rita, sejauh ini masih terpantau normal dan tidak mengalami kenaikan.

"Misalnya cabai rawit Rp90 ribu per kilogram dan harga daging sapi juga normal Rp130 ribu per kilogram," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021