Toboali (Antara Babel) - Wakil Gubernur Bangka Belitung Hidayat Arsani berjanji akan mengembangkan Pelabuhan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan untuk meningkatkan akses transportasi laut di daerah itu.

"Pelabuhan Sadai sangat layak dikembangkan karena strategis dan jarak tempuh dari pelabuhan ke Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta tidak jauh hanya sekitar 160 mil lebih," kata Hidayat Arsani saat kunjungan kerja ke Bangka Selatan, Jumat.

Selama ini, kata dia, lalu lintas kapal laut hanya terpusat di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, di mana aktivitas pelabuhan itu sangat padat sehingga aktivitas bongkar berbagai kebutuhan masyarakat berjalan lambat.

"Lambatnya aktivitas bongkar berbagai kebutuhan pokok di pelabuhan mengakibatkan, harga beras mengalami kenaikan yang cukup tinggi," ujarnya.

Menurut dia, apabila Pelabuhan Sadai ini dikembangkan, maka akan berdampak positif terhadap pembangunan daerah.

"Kami akan mengusahakan dana maritim yang mencapai Rp1,5 triliun untuk mengembangkan pelabuhan kecil di Bangka Belitung," ujarnya.

Selain mengembangkan Pelabuhan Sadai, kata dia, pihaknya juga akan mengembangkan pelabuhan kecil lainnya seperti Pelabuhan Penutuk, Pongok dan pelabuhan kecil lainnya.

"Peningkatan sarana dan prasana di pelabuhan di pulau-pulau kecil ini tentu akan memudahkan masyarakat untuk memasarkan hasil pertaniannya ke daerah lainnya," ujarnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015