Pangkalpinang (Antara Babel) - Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani akan meningkatkan kualitas SMKN Pelayaran dan Perikanan untuk menciptakan siswa siap bekerja di sektor kemaritiman.

"Kami berjanji akan mengadakan kapal dan dermaga untuk praktek lapangan siswa-siswi SMKN 04 Pelayaran dan Perikanan Pangkalpinang," kata Hidayat Arsani di Pangkalpinang, Selasa.

Berdasarkan laporan Kepala SMKN 04 Pelayaran dan Perikanan, kata dia, pihak sekolah sulit meningkatkan kualitas pendidikan siswa karena keterbatasan sarana dan prasana sekolah.

"Kami akan berusaha membantu untuk pengadaan kapal dan dermaga ini, untuk menciptakan siswa siap bekerja dan mampu mengolah potensi kelautan yang sangat besar ini," ujarnya.

Apabila Pemprov Babel tidak bisa membantu pengadaan kapal dan pembangunan dermaga ini, kata dia, saya secara pribadi akan membantu meningkatkan kualitas sekolah ini.

"Sangat disayangkan, apabila sekolah unggulan di daerah ini tidak memiliki kapal dan dermaga untuk praktek siswa-siswinya," ujarnya.

Menurut dia, bantuan sarana dan prasarana ini sangat penting untuk mendukung kualitas sekolah ini untuk mencetak murid-murid siap kerja di dunia kemaritiman Bangka Belitung.

"Kita membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk mengelola laut yang luas dengan potensi kelautan yang tinggi," ujarnya.

Selama ini, kata dia, potensi kelautan masih dikelola secara tradisional, sehingga hasil tangkapan ikan nelayan masih kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan kesejahteraan keluarga nelayan itu.

"Kami berharap siswa-siswi SMK Pelayaran ini terus bersemangat menuntut ilmu dan mudah-mudahan tahun ini sekolah ini sudah memiliki kapal dan dermaga, sehingga sekolah tidak lagi kesulitan untuk meningkatkan potensi anak didiknya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015