Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi kenaikan volume sampah di daerah itu saat Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan limbah B3 DLH Belitung, Luthfie Avian di Tanjung Pandan, Rabu mengatkan pihaknya megerahkan puluhan personel dan armada untuk mengantisipasi penumpukan sampah pada libur lebaran mendatang.

"Kami targetkan pagi hari pada 1 Syawal 1442 Hijriah kondisi kebersihan di pusat kota dan pasar Tanjung Pandan tetap terjaga kebersihannya dari timbulan sampah," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah titik yang menjadi perhatian petugas kebersihan diantaranya adalah pusat kota dan sejumlah pasar tradisional di daerah itu.

"Kami perkirakan volume sampah pada Idul Fitri 1442 Hijriah bisa mencapai 20 kubik atau sebanyak 20 ton," ujarnya.

Luthfie menambahkan, DLH Belitung mencatat menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah volume sampah di sejumlah pasar wilayah itu mengalami kenaikan dari enam kubik menjadi 12 kubik dalam sehari.

"Sampah didominasi oleh kebutuhan lebaran seperti bulu ayam potong, plastik kemasan makanan ringan dan minuman," katanya.

Ia mengimbau, kepada para pedagang di pasar setempat untuk tetap menjaga kebersihan pasar dan membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

"Kami sekarang ini sudah menyediakan dua kontainer dan mobil sampah keliling untuk penjemputan sampah di tempat sampah yang disediakan di masing-masing lokasi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021