Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tidak akan menggelar kegiatan takbir keliling pada malam menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah untuk menghindari terjadinya keramaian dan mengurangi risiko penularan COVID-19.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan seluruh instansi terkait bersama tim Satgas Penanganan COVID-19 dan menyarankan masyarakat tidak menggelar takbir keliling," kata Kasubbag Sosial Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat Agus Sunawan di Mentok, Rabu.

Menurut dia, peniadaan kegiatan takbir keliling yang biasanya rutin digelar tersebut sebagai salah satu bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung upaya bersama dalam pengendalian penularan virus corona jenis baru di daerah itu.

"Takbir perayaan kemenangan di malam Idul Fitri masih bisa dilaksanakan, namun hanya dibolehkan takbir di masjid atau mushalla dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan takbir di masjid dan mushala masih tetap bisa digelar sesuai panduan yang sudah dijelaskan melalui Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2021.

Takbir keliling yang biasanya dibarengi dengan pawai obor merupakan salah satu tradisi warga setempat pada malam jelang Idul Fitri sebagai ungkapan kebahagiaan setelah selesai berpuasa Ramadhan.

"Meskipun tanpa takbir keliling, namun kita harus tetap bersyukur dan sabar dalam situasi apapun, termasuk saat pandemi seperti sekarang ini, karena hanya dengan sabar dan syukur kita bisa meraih derajat "muttaqin" dan meraih ridha Allah SWT," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021