Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimis mampu meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 tingkat nasional setelah terpilih mewakili provinsi itu.

"Saya cukup optimis predikat KLA tingkat nasional mampu di raih karena hasil penilaian awal dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak  RI pada tanggal 15 Maret hingga 2 April 2021 mencapai angka 951,4 penilaian mandiri (PM) dari nilai maksimum 1.000 PM," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Sabtu.

Raihan nilai angka tersebut kata bupati, menjadi modal Kabupaten Bangka  mewakili provinsi Bangka Belitung untuk mengikuti seleksi KLA tingkat nasional. Hasil capaian nilai yang diperoleh berdasarkan hasil penginputan data evaluasi KLA tahun 2021 berbasis website diseluruh provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia

"Penilaian ketiga dijadwalkan mulai sekarang hingga 11 Juni 2021 kemudian dilakukan konsiyasi verifikasi oleh tim yang ditunjuk serta dilanjutkan penilaian tahap IV terakhir atau verifikasi final," jelasnya.

Dikatakan, pihaknya cukup intensif dan fokus terhadap pemberdayaan anak yang didukung dengan ruang dan tempat layak anak seperti fasilitas bermain anak di taman Kota Sungailiat, Hutan Kota Sungailiat, forum anak yang aktif serta sejumlah sarana edukasi anak di ruang perkantoran.

"Selain menargetkan predikat KLA tingkat nasional, kami juga optimis predikat pratama dalam penilaian tersebut dapat meningkat ke predikat utama," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Bangka sekaligus Sekretaris Forum Anak Kabupaten Bangka Nurita mengatakan, pihaknya cukup maksimal dan fokus mempersiapkan data pendukung termasuk akan segera berkoordinasi dengan tim didalamnya.

"Kami juga akan segera berkoordinasi dengan satuan polisi pamong praja setempat untuk menertibkan warnet agar melakukan pembatasan jam layanan atau jangan sampai malam karena dapat mengganggu kegiatan belajar anak-anak," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021