Bupati Bangka Barat Sukirman mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk memaknai ulang tahun Kabupaten Bangka Barat ke-18 sebagai momentum membangun kebersamaan agar rencana pembangunan berjalan sesuai target.

"Peringatan hari ulang tahun ini sesungguhnya merupakan sebuah sarana introspeksi untuk menapaki masa kini dan masa depan sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi wahana untuk merancang langkah di masa depan yang didasarkan realita dengan tidak melupakan nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin.

Ia mengajak seluruh warga untuk bersyukur dan memaknai kelahiran Kabupaten Bangka Barat sebagai sebuah inspirasi dan motivasi guna mengisi perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi serta kerja produktif.

"Hanya dengan kebersamaan dan kerja keras, cita-cita dan masa depan akan menjadi lebih baik," kata Sukirman yang disampaikan dalam rapat paripurna istimewa peringatan ulang tahun Bangka Barat ke-18 di Gedung Mahligai Betason kantor DPRD kabupaten setempat.

 
Rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun ke-18 Kabupaten Bangka Bart. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)


Menurut dia, berbagai pencapaian dan keberhasilan yang diraih Kabupaten Bangka Barat dalam kurun waktu 18 tahun merupakan hasil sinergi antara pemerintah dengan masyarakat serta unsur terkait lainnya.

"Tanpa adanya sinergisitas yang tepat, harapan percepatan pembangunan tidak akan pernah terwujud seperti yang diharapkan," kata dia.
 
Rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun ke-18 Kabupaten Bangka Bart. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)


Hal senada dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat Marudur Saragih yang menyoroti pentingnya kebersamaan antarlembaga bersama masyarakat untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik.

"Usia 18 tahun masih tergolong muda dan masih banyak yang harus dilakukan untuk membangun kabupaten pemekaran ini demi hari esok yang lebih baik," ujarnya.

Agar bisa mencapai hal itu, ia mengajak seluruh masyarakat bergandengan tangan dalam harmoni yang saling menguatkan satu sama lain.

"Dengan kebersamaan kita akan mampu menyelesaikan berbagai hambatan," katanya.

Menurut dia, kebersamaan adalah kekuatan yang akan mampu menyelesaikan hambatan tantangan dan persoalan yang dihadapi untuk mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Bangka Barat.

"Saat ini kita sedang berhadapan dengan pandemi COVID-19 yang berdampak sangat serius sehingga diharapkan seluruh komponen bekerja lebih keras agar dapat mengejar rencana pembangunan yang sempat tertunda sebelumnya," kata Marudur.

 
Rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun ke-18 Kabupaten Bangka Bart. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)


Staff Ahli Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Bidang Kemasyarakatan Toni Batubara mengharapkan HUT ke-18 Kabupaten Bangka Barat kepimpinan Sukirman-Bong Ming Ming yang didukung legislatif dan seluruh lapisan masyarakat dapat melakukan rekonstruksi hal-hal baik yang perlu dipertahankan dan diperbaiki.

"Marilah kita bergandengan tangan dalam harmoni yang bersinergi, seirama dan saling menguatkan satu sama lain. Kebersamaan adalah kekuatan kita. Dengan demikian diharapkan kita akan mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sektor pembangunan," kata Toni Batubara.

Rapat paripurna dihadiri para pejabat di tingkat kabupaten, antara lain seluruh anggota DPRD, Wakil Bupati Bong Ming Ming, Sekda Muhammad Soleh, sejumlah Kepala OPD, Wakapolda Babel Brigjen Pol Umardani dan sejumlah tamu undangan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021