PT Timah Tbk membantu tiga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan objek wisata di Pulau Bangka, sebagai komitmen perusahaan mendukung program pemerintah daerah meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita bangun berbagai infrastruktur, sarana, prasarana penunjang di tiga objek wisata yang dikelola oleh masyarakat desa," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan PT Timah Tbk bersama anggota MIND ID menyerahkan bantuan kepada tiga Pokdarwis Kawasan Wisata Gunung Mangkol di Kabupaten Bangka Tengah, Wiata Bukit Pinteir di Kabupaten Bangka Tengah, dan Wisata Aik Lelap Bedelew di Kabupaten Bangka.

Bantuan di kawasan Wisata Alam Gunung Mangkol ini, PT Timah Tbk membangun toilet, tempat ganti pakaian, musala, brand ikon Gunung Mangkol, dan tenda UMKM. Bantuan ini diserahkan PT Timah Tbk kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Terak dan Komunitas Pecinta Alam (KPA) Bujang Squad.

"Bangka Belitung memiliki potensi wisata yang beragam, seperti pantai, perbukitan, wisata air, dan lainnya. Untuk itulah, PT Timah mendukung perkembangan pariwisata di negeri serumpun sebalai ini," ujarnya.

Menurut dia objek wisata yang memiliki daya tarik tempat pemandian alami, air terjun mini dan wisata alam untuk menyaksikan satwa endemik lokal tarsius atau mentilin ini sebelumnya belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

"Kita berharap nantinya sarana dan prasarana yang telah dibangun ini dapat bermanfaat dan sama-sama merawatnya," katanya.

Ketua Pokdarwis Desa Terak Nanda, mengatakan bantuan dari PT Timah memberikan dampak yang signfikan terhadap perubahan wajah wisata Gunung Mangkol.

"Dari CSR PT Timah kita sudah punya toilet dua pintu, ruang ganti pakaian tiga pintu yang permanen. Sebelumnya ruang ganti baju hanya pakai terpal dan spanduk bekas. Begitu juga dengan musala yang memang sangat kami butuhkan, karena orang datang ke sini kan enggak mungkin 1-2 jam, pasti lama setidaknya biasa pergi pagi pulang sore,” katanya.

Ia sempat terkejut PT Timah dengan serius bisa membantu mereka untuk menjadikan kawasan wisata Gunung Mangkol ini.

"Susah cari anggaran yang cukup besar untuk menambah infrastruktur. Awalnya kita juga enggak percaya kalau PT Timah bisa bantu sebesar ini dan kami bersyukur dan terimakasih sekali kepada PT Timah, berkat bantuan ini wisata Gunung Mangkol jadi punya wajah baru," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021