DPD Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar roadshow ke partai politik se-Bangka Belitung.

Kunjungan silaturahmi yang berlangsung di sekretariat DPW Partai NasDem ini, disambut baik oleh pengurus DPW partai NasDem, Sustoni dan Wakil Ketua Pemenangan Pemilu Partai NasDem, sert  jajaran pengurus DPD KPPI yang terdiri dari para perempuan perwakilan partai politik diantaranya Golkar, PKS, Demokrat, PPP dan NasDem.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPD KPPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zubaidah yang didampingi oleh Sekretaris daerah KPPI, Sri Wahyuni menyerahkan hasil Rekomendasi Rakernas 2 KPPI bulan Januari 2021 kepada Sustoni. 

Beliau menghimbau kepada setiap partai untuk lebih memperhatikan tentang keterwakilan perempuan agar caleg (calon legislatif) perempuan itu harus dari anggota partai yang paham ADRT partai. 

Sebelumnya sesuai arahan dari pusat, dpd KPPI juga sudah melakukan audiensi dg DPRD prov Babel, kaukus perempuan parlemen, Bawaslu, kesbangpol dll yg kemudian dilanjutkan dg silahturahmi dg partai politik.

Sustoni menyampaikan, posisi keterwakilan pengurus perempuan di partai NasDem sudah mencapai 45 persen. DPW NasDem memberikan peluang besar kepada perempuan dan ini terbukti dari kiprah ibu Sri Kristin Sutanegara yang juga menjabat Bendahara DPD KPPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memegang tiga peranan penting di partai NasDem Babel.

Tiga peranan penting tersebut yakni, Ketua DPW Garnita Malahayati yang merupakan organisasi sayap perempuan NasDem, Kedua, pelaksana tugas ketua DPD Kabupaten Bangka, dan ketiga, wakil Ketua Bidang Organisasi dan keanggotaan di Provinsi.

Beliau mengharapkan dengan adanya KPPI yang berisikan perempuan dari lintas partai dapat menyampaikan kepada masyarakat bahwa partai politik itu baik dan bagus, sehingga banyak perempuan yang berminat untuk masuk ke partai politik.

Turut hadir Dewan Pakar DPD KPPI, ibu Marini yg juga menyampaikan tentang keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) No. 55 Tahun 2020 mengenai verifikasi faktual dan administrasi dalam pendaftaran partai politik sebagai peserta pemilu tahun 2024. 

Bagi partai politik yang memiliki kursi di DPR RI hanya dilakukan verifikasi administrasi, tidak perlu lagi verifikasi faktual, dan bagi partai politik yang tidak ada kursi di DPR RI dn partai politik baru akan dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

Jajaran pengurus DPD KPPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga membuat agenda kedepan dalam waktu dekat akan mengundang Ketua Bidang Perempuan semua partai peserta pemilu untuk duduk bersama membicarakan hasil Rekomendasi Rakernas 2 KPPI, dan acara dilanjutkan dg Rapat Rutin bulanan KPPI.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021