Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menjadi garda terdepan dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif.

"Kita berharap Dekranasda bisa membantu pemerintah dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif yang ada di masyarakat," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Babel, Jumat.

Daerah yang dijuluki "Negeri Selawang Segantang" itu terus memperkuat ekonomi kerakyatan terutama produk kreatif yang sedang dikembangkan para pelaku UMKM.

"Usaha ekonomi kreatif masih tetap kuat kendati negeri sedang dilanda pandemi virus corona baru, kami minta Dekranasda bisa menjalankan perannya untuk membantu para UMKM dalam menjalankan usaha mereka," kata bupati.

Usaha ekonomi kreatif membutuhkan inovasi-inovasi dan manajemen pemasaran yang baik untuk bisa maju.

"Dengan adanya peran Dekranasda, dapat membantu pelaku usaha baik dalam mengembangkan pasar maupun manajemen bisnis yang lebih profesional," ujarnya.

Bupati juga mengatakan bahwa usaha ekonomi kreatif mampu mendukung sektor pariwisata, terutama terkait produk kreatif yang bisa dijadikan suvenir dan oleh-oleh bagi wisatawan.

"Namun demikian usaha mereka membutuhkan dorongan dan bantuan, agar bisa mengembangkan sayap bisnis," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021