Kepala Pelaksana Harian (KALAKHAR) BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa menjadi nara sumber rapat dalam rangka Desiminasi Penanganan Covid-19 Pada Tingkat Kecamatan Sebagai Bentuk Kecamatan Tangguh Bencana (KENTCANA), oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan.

Kegiatan ini adalah inisiasi Kementerian Dalam Negeri untuk menggali potensi- potensi  dalam penanganan dan pencegahan COVID-19 yang lebih baik lagi, mengingat Bangka Belitung merupakan salah satu Provinsi yang dinilai baik dalam penanganan kasus Covid-19 dilihat dari penanganan kasus secara nasional. 

Namun beberapa waktu ini Bangka Belitung kembali masuk dalam zona merah, sehingga pemerintah pusat  menggali apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi dan menjadi tolak ukur dalam penanganan COVID-19 untuk Provinsi lain di Indonesia. 

Pada rapat tersebut Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa,mengangkat topik "Kebijakan Pemerintah Daerah Terhadap Penanganan COVID-19 Dalam Rangka Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru".

Mikron menyampaikan harus ada strategi-strategi umum dalam pencegahan COVID-19 di masyarakat yaitu harus ada meningkatkan pemahaman masyarakat tentang COVID-19, memperkuat tahapan pencegahan dengan aplikasi fightcovid-19, memperkuat tata kelola penanganan yang optimal dan terukur dan meningkatkan suprastrukutur sumber daya manusia yang tangguh. 

Peraturan Daerah Provinsi kepulauan Bangka Belitung Nomor 10 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) memuat dengan jelas tentang Hak dan Kewajiban Masyarakat dalam adaptasi kebiasaan baru, koordinasi penegakan hukum dan kedisiplinan, pemantauan evaluasi dan pelaporan, serta sanksi-sanksi terhadap pelanggaran protokol kesehatan COVID-19. 

Dengan diterbitkanya Peraturan Daerah tersebut menunjukkan keseriusan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terhadap pencegahan dan penanganan COVID-19. 

Mikron menyampaikan, kesimpulan dari pemaparannya bahwa harus ada kedisiplinan tinggi oleh masyarakat terkait protokol COVID-19 dan dibutuhkan sinergitas antar stakeholder dalam pelaksanaan penegakan disiplin adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19. 

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021