Dalam rangka melaksanakan Program Deputi Bidang Pengembangan Pemuda melalui Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI, bekerjasama dengan  Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Bangka Belitung (Babel), menggelar kegiatan Peningkatan Kesehatan Reproduksi Pemuda Tahun 2021.

Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI, Abdul Rafur mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai pedoman pembekalan wawasan, pencegahan perilaku bagi pemuda untuk pentingnya kesehatan reproduksi.

"Pemuda perlu diberi wawasan pentingnya mencegah perilaku seks yang berisiko, memberikan pengetahuan mengenai psikologi keluarga dan pengasuhan yang berkwalitas," kata Abdul Rafur. 

Sementara itu Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Disparbudkepora, Arwendi saat membaca sambutan tertulis Kadisparbudkepora Babel dalam pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sehat secara menyeluruh mencakup fisik, mental dan kehidupan sosial yang berkaitan dengan alat fungsi serta proses reproduksi dan bagaimana seseorang dapat memiliki kehidupan seksual yang aman dan memuaskan sebelum dan sesudah menikah.

Menurut peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2014, kesehatan reproduksi yang menjamin setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan reproduksi yang bermutu, aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Peraturan ini menjamin kesehatan perempuan dalam usia reproduksi, sehingga mampu melahirkan generasi yang sehat, berkualitas yang nantinya berdampak pada penurunan angka kematian ibu," katanya.

Ia mengharapkan semangat para pemuda dalam menatap kesehatan reproduksi adalah bekal dalam membangun negeri. Teruslah berprestasi pemuda-pemudi lanjutkan mimpi-mimpi negeri ini.

Kegiatan Peningkatan Kesehatan Reproduksi Pemuda Tahun 2021 dilaksanakan di tiga tempat yaitu, Gedung Serba Guna kantor Bupati Belitung, Gedung Aula Dinas PUPR Belitung dan Gedung Kolong Keramik, dan menghadirkan narasumber dari Pemerintah Provinsi Babel, Dinas Keluarga Berencana Kabupaten Belitung dan Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Belitung.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI, Abdul Rafur bertempat di Gedung Serba Guna kantor Bupati Belitung, dan dihadiri Kadisparbudkepora Babel yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda, Arwendi, Kadispora Kabupaten Belitung, Subagio dan seluruh peserta yang hadir yang berasal dari pelajar, mahasiswa dan anggota organisasi kepemudaan Belitung.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021