Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun tempat pelelangan ikan (TPI) di Kecamatan Manggar untuk memudahkan para nelayan menjual hasil tangkapan mereka dengan harga yang lebih stabil.

"Pelabuhan sudah bisa dioperasikan, kapal nelayan bisa berlabuh di TPI dan nelayan bisa menjual hasil tangkapan mereka secara terbuka sesuai dengan kondisi harga ikan terkini," kata Kepala Dinas Perikanan Belitung Timur, Yeni Srihartati di Manggar, Kamis.

Ia menjelaskan TPI Manggar dibangun dalam areal Kawasan Sentra Perikanan Terpadu seluas 2,7 hektare dengan memiliki fasilitas kantor, air bersih, gudang pengolahan, cold storage, kolam penampungan dan juga bengkel kapal.

TPI Manggar merupakan sarana yang dibutuhkan para nelayan sejak lama dan baru sekarang terealisasi untuk memudahkan kapal nelayan sandar dan menjual hasil tangkapan dengan harga lebih stabil.

"Selama ini para nelayan menjual hasil tangkapan secara terpisah, dengan harga yang belum menguntungkan nelayan," ujarnya.

Ia juga mengatakan dengan beroperasinya TPI bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi lelang ikan.

"Setiap tiga persen dari harga ikan per kilogram akan masuk ke kas daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021