Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan rumah karantina untuk pasien COVID-19 pada setiap kecamatan.

"Kita siapkan rumah karantina secara tersebar pada setiap kecamatan, sehingga tidak ada lagi warga yang isolasi mandiri," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Kamis.

Upaya memperbanyak rumah karantina tersebut seiring dengan keluarnya kebijakan pemerintah daerah setempat, bahwa tidak lagi diperbolehkan pasien positif corona melakukan isolasi mandiri.

"Tidak ada lagi warga yang isolasi mandiri, kecuali ibu hamil, ibu menyusui dan apabila dalam satu keluarga dinyatakan positif terpapar virus corona baru," ujarnya.

Ia mengatakan virus COVID-19 di daerah itu sudah menyebar hingga daerah pedesaan melalui transmisi lokal dan klaster lokal.

"Kita sangat serius memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini dengan terus menjalankan program vaksinasi secara masif, penerapan protokol kesehatan secara ketat dan penerapan PPKM skala mikro," ujarnya.

Pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka Tengah yang dinyatakan sembuh tercatat sebanyak 2.439 orang dari 2.576 warga setempat yang terkonfirmasi positif virus corona baru tersebut.

Data tabulasi perkembangan kasus daerah setempat pada Senin (21/6) tercatat sebanyak 100 pasien masih dirawat (kasus aktif) dan 37 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021