Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan patroli malam hari untuk mencegah kemungkinan terjadinya peredaran narkoba dan gangguan kamtibmas.

"Patroli malam hari merupakan salah satu kegiatan rutin yang akan terus ditingkatkan untuk meminimalkan terjadinya kejahatan yang berpotensi mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Minggu.

Dalam kegiatan patroli malam hari, Polres Bangka Barat mengoptimalkan peran Satuan Sabhara untuk menjalankan tugas rutin dan program utama tersebut dengan hadir langsung di tengah masyarakat.

Menurut dia, kehadiran Polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat akan memberikan rasa aman dan dinilai efektif untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas.

"Patroli rutin dengan menyasar tempat-tempat rawan akan menekan kejahatan dan kehadiran polisi di masyarakat menjadi bagian penting untuk mengumpulkan berbagai informasi dari warga, khususnya dengan para petugas keamanan yang berjaga di lingkungan masyarakat," katanya.

Selain menghadirkan rasa aman dan nyaman, pertemuan dengan warga juga dimanfaatkan sebagai tempat dialog antara petugas dengan warga terkait perkembangan yang terjadi di lingkungan setempat.

"Modus kriminalitas, peredaran narkoba dan potensi gangguan keamanan lain perlu diantisipasi dan diwaspadai bersama. Tetap jaga terus sinergi antarwarga bersama polisi," katanya.

Ia berharap pola patroli yang dilakukan rutin bisa menghindarkan berbagai niat jahat kriminal sehingga wilayah hukum Polres Bangka Barat ini tetap aman dan kondusif.

Selain patroli rutin, Polres Bangka Barat juga sedang berupaya meningkatkan peran aktif masyarakat dengan membuka layanan terpusat atau call center 110.

Pelayanan terpadu ini sebagai wujud percepatan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat pada saat membutuhkan kehadiran Polisi tanpa harus datang ke kantor.

"Sosialisasi keberadaan call center 110 terus digencarkan hingga tingkat Polsek jajaran sehingga ke depan Polri dapat lebih cepat melayani. Kami imbau masyarakat manfaatkan, cukup tekan 110 dan Personil Polres Bangka Barat siap menindaklanjuti laporan," katanya.

Namun Agus Siswanto juga mengingatkan agar layanan tersebut digunakan semestinya dan benar-benar dimanfaatkan sesuai kebutuhan, bukan untuk memberikan informasi yang tidak jelas atau malah mempermainkan petugas.

"Memanfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya, karena Polri selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan prima, dan respon yang cepat guna menindak lanjuti laporan yang disampaikan masyarakat," kata Agus Siswanto.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021