Beijing (Antara Babel) - Masalah mental merupakan salah satu penyebab utama masalah tidur terutama pada dewasa muda, menurut ahli kesehatan.

Dokter dari Rumah Sakit di Provinsi Shanxi, China, Zheng Rong, mengatakan, seiring kehidupan masyarakat yang terus berkembang, saat ini ditemukan banyak orang-orang muda yang menderita insomnia.

Kebanyakan dari mereka ini mengalami tekanan karena masalah akademik dan pekerjaan.

",.. sementara banyak dewasa muda mengatakan merasa stres di tempat kerja dan dalam hubungan," kata Zheng.

Zheng mengungkapkan,sekitar dua per tiga dari pasien-nya yang mengalami insomnia juga menderita depresi dan gangguan kecemasan.

Hal serupa juga diakui psikolog Wang Jie.

"Pada kenyataannya, sebagian besar pasien saya yang menderita depresi, gangguan kecemasan atau masalah emosional, sering mengalami masalah tidur pada saat yang sama," kata Wang Jie, psikolog dari Shanxi Psikologi Society.

Dia menyarankan orang-orang yang memiliki masalah tidur perlu menjalani tes neuropsikologi profesional di rumah sakit untuk mencari penyebabnya.

Menurut Wang, jika penyebabnya adalah masalah mental, maka pasien disarankan berkonsultasi ke psikolog.

"Pertama, kita harus belajar untuk menghilangkan stres dengan belajar mengendalikan dan mengelola emosi kita. Ini adalah cara yang efektif untuk mengatasi masalah tidur," kata Wang seperti dilansir Xinhua.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa

Pewarta:

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015