Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, tidak menemukan kasus varian baru virus COVID-19 pada sejumlah pasien terkonfirmasi positif di daerah itu.

"Sampai saat ini kami tidak menemukan kasus varian baru COVID-19," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, sampai saat ini belum ada laporan dari rumah sakit yang merawat pasien positif COVID-19.

"Kalau ada ditemukan varian baru pasti sudah ada laporan. Namun sampai sekarang belum ada," ujarnya.

Joko menambahkan, pihaknya telah mengirimkan sejumlah sampel cairan tenggorokan dari pasien positif COVID-19 ke Labkesda Provinsi Bangka Belitung untuk diteliti.

"Kami sudah kirimkan beberapa sampel terutama dari orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan mereka sudah divaksin untuk diteliti apakah itu merupakan varian baru COVID-19 atau bukan," katanya.

Dikatakan dia, kewenangan untuk menentukan hasil pengujian sampel tersebut apakah merupakan varian baru COVID-19 adalah Labkesda Bangka Belitung.

"Sampai saat ini rata-rata pasien COVID-19 merasakan gejala umum yaitu sesak napas dan kebanyakan terganggunya indera penciuman," ujar Joko.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021