SatuanTugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terdapat 5.981 warga di daerah itu mengalami kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Data itu berdasarkan dari hasil pelacakan, penelusuran dan pengujian dalam mendeteksi sebaran kasus COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, ribuan warga yang diketahui kontak erat dengan pasien COVID-19 tersebar di delapan kecamatan terhitung sejak munculnya kasus varian virus jenis baru corona di Bangka selama satu tahun lebih.

"Jumlah warga yang kontak erat tersebut, terdapat hasil negatif serta positif COVID-19 yang sudah mendapat pelayanan kesehatan," jelasnya.

Boy Yandra minta kesadaran masyarakat yang merasa kontak erat dan belum mendapatkan pelayanan pengujian kesehatan agar segera melapor ke puskesmas terdekat.

Dia mengakui, terjadi penambahan sebaran kasus COVID-19 yang mencapai ratusan orang selama tiga hari dengan berbagai klaster dan jenjang usia.

Di Kecamatan Sungailiat terdata warga kontak erat sebanyak 2.044 orang, Riau Silip 561 orang, Puding Besar 100 orang, Pemali 1.751 orang.

Kemudian di Kecamatan Merawang terdapat 450 orang kontak erat, Mendo Barat 449 orang, Belinyu 555 orang dan di Kecamatan Bakam terdapat 71 orang.

"Saya minta masyarakat benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan karena kasus sebaran virus masih terjadi setiap harinya," kata Boy Yandra.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021