Wakil Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin mengatakan seluruh perangkat desa harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena tuntutan pekerjaan di era perkembangan teknologi informasi modern dalam sistem aplikasi laporan keuangan.

"Peningkatan kualitas sumber daya oleh perangkat desa menjadi hal penting agar mampu mengikuti perkembangan teknologi aplikasi yang mutlak menjadi tuntutan masyarakat selaku konsumen," katanya di Sungailiat, Sabtu saat menutup bimbingan teknis peningkatan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes online tahun 2021.

Perkembangan teknologi informasi kata dia,  membantu pekerjaan tepat waktu sehingga memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan maupun pelaporan secara akuntabel.

"Saya berharap perangkat desa yang sudah mendapat pembelajaran bimbingan teknis dapat diterapkan dalam pelaporan keuangan pemerintah desa," katanya.

Dalam pelaporan keuangan sistem oleh, wabup minta perangkat desa harus rajin melaporkan dan teliti karena sistem ini membutuhkan input data yang tepat.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza mengatakan, penerapan laporan keuangan pemerintah desa sistem online ditargetkan awal tahun 2022.

"Kami menargetkan awal tahun 2022 semua pemerintah desa sudah melakukan pelaporan keuangan menggunakan sistem aplikasi online karena saat ini masih tahap penyesuaian," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021