Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada kegiatan donor darah massal berhasil mengumpulkan 50 kantong darah untuk disumbangkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) daerah itu.

"Alhamdulillah, kegiatan donor darah di empat organisasi perangkat daerah (OPD) kali ini berhasil mengumpulkan 50 kantong darah," kata Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Provinsi Kepulauan Babel Andri Nurtito saat meninjau pelaksanaan donor darah di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan sebanyak 50 kantong darah yang berhasil dihimpun di Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas ESDM dan BKPSDMD Provinsi Kepulauan Babel dengan rincian darah golongan A 16 kantong, darah B 14 Kantong, darah AB 3 kantong dan darah golongan O sebanyak 17 kantong.

"Kita merencanakan untuk secara rutin seminggu sekali menyelenggarakan aksi donor darah bekerja sama dengan OPD secara terpusat di tempat-tempat yang memungkinkan seperti hari ini," ujarnya.

Menurut dia dalam kegiatan kemanusiaan ini, PMI Babel menggandeng PMI Kota Pangkalpinang untuk pengambilan darah para aparatur sipil negara di lingkungan pemerintahan provinsi ini.

“Kita lihat antusias peserta donor hari ini sangat luar biasa, baik dari ASN maupun PHL. Kita targetkan masing-masing OPD bisa mendapatkan 15 pendonor dari dinas yang terlibat," katanya.

Andri Nurtito yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepualaun Babel mengucapkan terima kasih kepala OPD yang telah menyediakan tempat dan darah yang didapatkan, semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Aksi kemanusiaan ini tentu sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah di rumah sakit. Apalagi saat ini, stok darah di rumah sakit juga kurang untuk memenuhi kebutuhan pasien yang tinggi," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Babel Muhammad Soleh yang turut meninjau kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada PMI Babel, karena Dinas Pendidikan telah dipercaya sebagai lokasi pelaksana kegiatan donor darah.

"Alhamdulillah kegiatan lancar dan mudah-mudahan darah yang diberikan ke masyarakat menjadi ladang amal dan memberikan kesehatan bagi pendonornya,” katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021