Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mendorong rencana pembangunan pelabuhan di Tanjungular, Muntok untuk mempercepat terbentuknya kawasan industri terpadu di daerah itu.

"Kami harapkan pelabuhan itu direalisasikan secepatnya untuk memancing tumbuhnya investasi di daerah yang sudah ditetapkan sebagai kawasan industri terpadu tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Rozali di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, pembangunan pelabuhan itu jika direalisasikan diyakini akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Selain menyerap tenaga kerja di dalam pelabuhan, seperti sektor bongkar muat, jasa dan transportasi, kata dia, tumbuhnya industri di daerah itu juga akan menyediakan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Selain menyerap ribuan tenaga kerja di dalam pelabuhan, sektor ekonomi lain, misalnya transportasi, usaha kecil dan menengah, dan pariwisata juga akan tumbuh," kata dia.

Menurut dia, pembangunan pelabuhan di kawasan industri yang posisinya di ujung barat Pulau Bangka tersebut diyakini akan membawa efek luar biasa bagi pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Jika pelabuhan itu sudah dibangun, kata dia, komoditas Babel kemungkinan besar akan didistribusikan melalui pelabuhan itu karena memang posisinya sangat strategis untuk jalur pengiriman Sumatera dan luar negeri.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk mempercepat pembangunan pelabuhan tersebut, terkait dengan berbagai hal yang wajib disiapkan daerah, secara garis besar sudah siap," kata dia.

Kepala Bidang Data Statistik Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno mengatakan pada tahun ini diperkirakan Pemerintah Pusat akan menggelontorkan sejumlah anggaran untuk merealisasi pelabuhan tersebut.

"Kabar terakhir yang kami terima, Pemerintah Pusat sudah menyiapkan anggaran dalam jumlah cukup besar untuk memulai pembangunan pelabuhan tersebut," kata dia.

Untuk itu Bambang mengharapkan dinas terkait cepat bergerak untuk menangkap rencana tersebut agar pembangunan pelabuhan di Tanjungular, Muntok yang sudah direncanakan dalam beberapa tahun lalu segera direalisasikan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015