Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan menyalurkan bantuan 10.000 benih ikan nila ke kelompok pembudidaya perikanan Maju Bersama Sejahtera Desa Pemali guna mendukung pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan air tawar.

"Saya berharap 10.000 benih ikan nila ini dapat dikelola dengan baik oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok pembudidaya sehingga mampu membantu meningkatkan perekonomian dan pemenuhan kebutuhan pangan ikan lokal," katanya di Sungailiat, Selasa.

Dia mengatakan, keseriusan kelompok pembudidaya ikan air tawar hendaknya dapat menjadi contoh bagi kelompok sektor lainnya dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami mendorong bagi kelompok usaha lain yang dikembangkan masyarakat terutama sektor pertanian pangan agar tumbuh dan berkembang dengan baik," jelasnya.

Menurutnya, kebutuhan konsumsi ikan air tawar masyarakat sudah mulai meningkat dilihat dari permintaan benih cukup tinggi seperti ikan nila, gurami dan jenis ikan lainnya.

Bupati optimis sektor perikanan air tawar kedepannya mampu berkembang dengan baik seperti halnya sektor pertanian dan perkebunan.

Berdasarkan data di Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Bangka, tercatat jumlah permintaan benih ikan air tawar seperti nila merah, gift, baung, emas dari Januari sampai akhir Juni 2021 mencapai251.661 ekor atau terealisasi hampir 70 persen dari target 370.000 ekor.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021