Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan skenario pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soekarno Bangka dalam menangani lonjakan pasien terkonfirmasi COVID-19 di daerah itu.

"Kita telah menyiapkan skema penanganan lonjakan pasien COVID-19 ini sesuai SOP," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan saat meninjau fasilitas RSUD Soekarno Bangka di Air Anyir Bangka, Rabu.

Dalam kunjungan kali ini, selain mempersiapkan skema pelayanan rumah sakit, ia juga memastikan ketersediaan ruangan, sarana prasarana, obat-obatan, oksigen dan kelengkapan rumah sakit lainnya yang masih tercukupi serta pelayanan berjalan lancar.

"Jika terjadi lonjakan harus dilakukan apa, begitu juga kalau terjadi penurunan apa yang harus dilakukan sudah dipersiapkan. Jangan sampai terjadi penumpukan pasien, karena fasilitas tidak memadai," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta manajemen RSUD Soekarno Bangka dan Dinas Kesehatan Babel agar bisa melayani penjemputan pasien COVID-19 dari rumah ke rumah sakit.

"Saya memberikan arahan kepada manajemen rumah sakit agar seluruh kelengkapan, fasilitas dan sarana prasarana termasuk juga ketersediaan obat-obatan agar diperhatikan betul," katanya.

Selain itu, RSUD juga harus memastikan upah bagi tenaga kesehatan di RS COVID-19 telah dibayarkan agar pelayanan kepada pasien senantiasa meningkat.

"Mengurus pasien COVID-19 ini memang diperlukan jiwa, kesadaran dan hati yang tulus dan ikhlas. Untuk itu saya mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah bekerja siang malam," katanya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno mengatakan berdasarkan data kasus harian COVID-19 pada Selasa (13/7) malam, 516 orang dinyatakan terkonfirmasi virus corona tersebar di Kota Pangkalpinang 234 orang, Kabupaten Bangka (46), Bangka Tengah (63), Bangka Barat (37), Bangka Selatan (26), Belitung (58), dan Belitung Timur (52).

"Dengan penambahan sangat tajam ini, maka hal ini semakin mengafirmasi bahwa penyebaran dan penularan virus corona belum berakhir, bahkan terus mengalami peningkatan yang tinggi," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021