Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kasus baru COVID-19 per Kamis (15/7) kembali bertambah 511 orang, sehingga kumulatif kasus menjadi 25.525 orang.

"Penambahan kasus COVID-19 yang naik dratis ini, karena kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan rendah," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan data terbaru Kamis malam, tercatat 511 orang terkonfirmasi Covid-19, dimana secara nasional hal itu menempatkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berada di urutan ke-17 penambahan harian kasus Covid-19 dengan kumulatif 25.525 orang.

Penambahan 511 kasus COVID-19 ini tersebar di Kota Pangkalpinang 128, Kabupaten Bangka 101, Bangka Tengah 52, Bangka Barat 65, Bangka Selatan 30, Belitung 81 dan Kabupaten Belitung Timur 54 orang.

"Dalam sepekan terakhir ini orang yang terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat sangat tajam dan melonjak drastis dibandingkan dengan pekan sebelumnya, dimana penularan virus corona ini masih terjadi terutama di Kota Pangkalpinang, Belitung dan Kabupaten Bangka," katanya.

Menurut dia peningkatan kasus ini karena meningkatnya mobilitas dan kegiatan berkerumun masyarakat di tempat-tempat keramaian dan fasilitas publik baik untuk aktivitas ekonomi, pendidikan, tak terkecuali aktivitas keagamaan dan pariwisata, lantaran melalaikan dan mengabaikan atau tidak mengindahkan penerapan protokol kesehatan.

Di samping itu, masih adanya pemerintah daerah yang tidak menyediakan fasilitas isolasi memadai sebagai wisma karantina terpadu ditambah ketidakdisiplinan mereka yang dinyatakan positif Covid-19 untuk menjalani swaisolasi serta ketidakpedulian masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan terhadap orang yang positif Covid-19.

"Kami tak bosan-bosannya terus mengimbau dan mengajak pemerintah daerah serta menggarisbawahi bahwa kesadaran dan kedisiplinan dalam menerapkan prokes merupakan cara paling sederhana dan mudah serta murah agar tidak terpapar Covid-19," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021