Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengawasi kegiatan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Elius Gani di Sungailiat, Minggu, mengatakan bahwa pemerintah akan menurunkan petugas kesehatan hewan untuk melakukan pemeriksaan guna memastikan hewan kurban sehat dan dagingnya layak dikonsumsi.

Tim kesehatan hewan pemerintah, ia mengatakan, selain memeriksa kesehatan hewan yang akan dipotong juga melakukan pemeriksaan pada hewan kurban yang sudah dipotong untuk memastikan daging hewan kurban layak dikonsumsi.

Ia menjelaskan pula bahwa berdasarkan data dari pengumpul dan pedagang, hewan kurban yang tersedia di Kabupaten Bangka meliputi 774 sapi dan 1.955 kambing.

"Jumlah ketersediaan hewan kurban tersebut diprediksi mencukupi kebutuhan masyarakat berdasarkan data kebutuhan hewan kurban tahun sebelumnya, dimana untuk sapi 576 ekor dan kambing 849 ekor," katanya.

Ia mengatakan bahwa pasokan sapi maupun kambing untuk kurban di wilayah Kabupaten Bangka berasal dari daerah seperti Palembang, Lampung, Jawa, dan Bali.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021