Muntok (Antara Babel) - Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya menumbuhkan kesadaran para pengendara menggunakan helm sesuai standar demi keamanan dan keselamatan di jalan raya.

"Selama ini kesadaran pengendara kendaraan roda dua menggunakan helm standar masih minim, kami berharap melalui sosialisasi dan pendekatan dengan masyarakat, kesadaran itu tumbuh," ujar Kapolres Bangka Barat melalui Kepala Satlantas AKP Remiwati di Muntok, Senin.

Ia menerangkan, upaya sosialisasi dan pendekatan terus dilakukan, selain itu pihaknya juga menggelar Operasi Simpatik yang difokuskan pada pendekatan preventif dan humanis.

"Dalam dua hari operasi yang digelar kami layangkan sebanyak 25 teguran, ini merupakan salah satu bukti kesadaran masyarakat masih kurang," kata dia.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi dan teguran langsung kepada para pengendara akan mampu menumbuhkan kesadaran mematuhi peraturan berlalu lintas.

"Kami harapkan masyarakat yang belum pakai helm segera gunakan helmdemi keamanan dan keselamatan berkendara sekaligus menumbuhkan kesadaran taat berlalu lintas," kata dia.

Selain menggelar operasi kendaraan roda dua, kata dia, dalam rangkaian Operasi Simpatik, Satlantas juga menyebarkan stiker seruan tertib berlalu lintas kepada para pengendara kendaraan roda empat.

Ia mengatakan, pembagian stiker di Terminal Muntok yang dilakukan beberapa hari lalu merupakan salah satu bentuk sosialisasi kegiatan simpatik.

"Kami tempelkan stiker di seluruh kendaraan yang diparkir dan masuk Terminal Muntok, selain itu Anggota juga mengimbau kepada para sopir agar melengkapi kendaaraannya," kata dia.

Ia mengatakan, Satlantas akan menggelar Operasi Simpatik mulai 1 hingga 21 April 2015, untuk itu diharapkan seluruh kendaraan dan pengendara melengkapi sesuai standar dan aturan yang berlaku.

"Kami harapkan dengan adanya sosialisasi tersebut seluruh pengendara menaati aturan yang ada dan memakai sabuk pengaman bagi sopir, serta menyalakan lampu di siang hari bagi pengendara sepeda motor," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015