Kanwil Perbendaharaan Kementerian Keuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan pelayanan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan kontribusi terbesar dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) triwulan II 2021 di negeri serumpun sebalai itu.

"Sebesar 80,9 persen dari Rp68,4 miliar total PNBP triwulan II tahun ini berasal dari layanan kepolisian," kata Kepala Kanwil Perbendaharaan Kemenkeu Provinsi Kepulauan Babel Fahma Sari Fatma di Pangkalpinang, Jumat.

Menurut catatan, terdapat 27 jenis PNBP pada layanan kepolisian,  antara lain pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi Baru, penerbitan perpanjangan Surat Izin Mengemudi, penerbitan Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi, penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Bermotor ke Luar Daerah.

Ia mengatakan pendapatan negara dari PNBP triwulan II 2021 sebesar Rp68,4 miliar atau mengalami peningkatan dari target yang ditetapkan Rp79,9 miliar yang bersumber dari layanan Kementeran Keuangan bersama Ditjen Kekayaan Negara (KPKNL Pangkalpinang dari piutang negara, layanan lelang dan pengelolaan BMN sebesar Rp1,48 miliar.

"Meski di tengah pandemi, realisasi APBN terus mencapai target, meski tidak terlalu tinggi namun capaian cukup menggembirakan," katanya.

Menurut dia faktor yang mendorong tingginya capaian PNBP ini kontribusi layanan dari Kepolisian dan Perhubungan. Meski di tengah pandemi, saat triwulan pertama belum merasakan, namun di triwulan kedua hingga ketiga kita terus berusaha bangkit.

"PNBP tahun lalu juga didominasi dari layanan kepolisian dan perhubungan ini. Diperkirakan tahun ini juga akan didominasi dari layanan instansi tersebut," katanya.

Ia menyatakan pendapatan PNBP 2020 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai Rp122,8 miliar atau 164,5 persen dari target 74,6 persen. PNBP dari Kepolisian RI memberikan kontribusi terbesar yakni Rp 47,9 miliar atau 38,2 persen dari total PNBP di Babel.

Disamping itu sepanjang 2020 total PNBP yang dihasilkan melalui layanan yang ada pada KPKNL Pangkalpinang sejumlah Rp4,42 miliar yang terdiri atas  PNBP bidang pengurus piutang negara Rp13,52 juta, PNBP di bidang pelayanan lelang sejumlah Rp926,33 juta  dan PNBP bidang pengeluaran BMN sejumlah Rp 3,48 miliar.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021