Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menyarankan seluruh pelaku usaha kreatif di daerahnya yang dikembangkan masyarakatnya mampu memanfaatkan teknologi digital guna membantu memperluas pemasaran.

"Saya menyarankan pelaku usaha ekonomi kreatif baik dikelola perorangan maupun kelompok dapat memanfaatkan teknologi digital agar pemasaran produk usaha menjangkau lebih luas," katanya di Sungailiat, Selasa.

Dengan menggunakan informasi digital dalam pemasaran produk seperti penjualan online, kata bupati, akses pemasaran produk yang dikembangkan pelaku usaha ekonomi kreatif mampu dipasarkan keluar daerah bahkan keluar pulau Bangka.

Selain dituntut mampu mengikuti perkembangan digitalisasi untuk membantu pemasaran produk kata bupati, kualitas produk harus tetap ditingkatkan sehingga mampu bersaing dengan produk olahan lainnya termasuk juga mengembangkan inovasi.

Menurut dia, pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi digital dianggap lebih efisen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

"Mengembangkan inovasi produk tidak boleh dikesampingkan oleh pelaku usaha seperti menggunakan kemasan yang menarik, aman dan sehat serta ramah lingkungan," katanya.

Kearifan lokal dalam sebuah produk usaha daerah, menurut Mulkan, perlu ditonjolkan terutama pada usaha kerajinan tradisional karena membantu memperkenalkan kekayaan potensi daerah.

Mulkan berkeyakinan pelaku usaha ekonomi kreatif yang dikembangkan masyarakatnya akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan mampu mendukung pada sektor lainnya seperti pariwisata.

"Sektor usaha ekonomi kreatif seperti usaha kerajinan tradisional akan menopang pertumbuhan sektor pariwisata yang saat ini terus dikembangkan sampai ke pedesaan," ujarnya.



 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021