Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan pembukaan pendaftaran calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan dibuka Juni 2015.

"Berdasarkan rancangan Peraturan KPU pendaftaran pasangan calon peserta Pilkada 2015 dari jalur perseorangan dibuka pada Juni, namun kami belum bisa memberikan kepastian tanggalnya karena masih menunggu pengesahan rancangan tersebut," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Muntok, Rabu.

Beberapa hari setelah pendaftaran, kata dia, pasangan calon diwajibkan menyerahkan bukti dukungan yaitu minimal 10 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Bangka Barat yang dibuktikan dengan foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) setempat.

"Saat ini jumlah penduduk Bangka Barat sekitar 210.000 jiwa, jadi calon dari perseorangan wajib mengumpulkan sekitar 21.000 dukungan yang berasal dari minimal 50 persen kecamatan," kata dia.

Setelah penyerahan bukti, kata dia, penyelenggara akan melakukan verifikasi berkas dan keabsahan dukungan tersebut langsung ke lapangan dengan pola acak sesuai alamat KTP Pendukung.

Menurut dia, proses itu akan memakan waktu cukup lama karena patugas harus datang ke lapangan sesuai alamat pendukung pasangan calon untuk memastikan pendukung riil.

"Meskipun petugas kami terbatas, namun kami yakin pada proses verifikasi akan selesai tepat waktu sesuai rencana awal," kata dia.

Bersamaan dengan proses verifikasi pendukung pasangan calon perseorangan, kata dia, pada awal Juli penyelenggara akan membuka pendaftaran yang diusung partai politik.

"Kami perkirakan pada akhir Agustus sudah bisa ditetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2015," kata dia.

Ia mengatakan hingga saat ini belum ada kandidat yang secara terang-terangan mencalonkan diri menjadi peserta Pilkada 2015.

"Menurut berbagai informasi yang kami himpun dari berbagai sumber, para kandidat tersebut masih melakukan penjajakan antarpartai, mungkin mereka menunggu sampai batas akhir penutupan pendaftaran," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015