KRI Semarang-594 membantu pasokan  oksigen medis untuk penanganan COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Danlanal Bangka Belitung, Kolonel Laut (P) Fajar Hermawan di Tanjung Pandan, Selasa mengatakan KRI Semarang-594 berada di Belitung untuk melakukan kemanusiaan membantu penyediaan dan pasokan oksigen bagi penanganan COVID-19 di Belitung. 

"KRI Semarang akan berada di sini sampai kondisi oksigen di Pulau Belitung stabil," katanya. 

Menurut dia, KRI Semarang-594 bergerak dari Pangkalan TNI Angkatan Laut di Surabaya pada, Minggu (8/8) dan tiba di perairan Belitung pada, Selasa (10/8) pukul 04:00 WIB. 

Ia menjelaskan, sebelumnya pada, Sabtu (7/8) pihaknya menerima informasi terkait kelangkaan oksigen bagi penanganan COVID-19 di Pulau Belitung. 

"Kemudian kami meneruskan informasi ini kepada komando atas dan direspon oleh bapak Kasal dalam hal ini untuk mengerahkan kapal bantu rumah sakit khususnya dalam penyediaan oksigen di Belitung," ujarnya. 

Sementara itu, Komandan KRI Semarang-594, Letkol Laut (P) Aprilian Sukarno Timur mengatakan, KRI Semarang-594 mampu memproduksi oksigen selama 24 jam secara terus menerus dengan kapasitas sebanyak 72 ribu liter. 

"Atau jika dikonverikan dengan tabung 6m3 maka kemampuan produksi bisa sebanyak 12 tabung dalam sehari," kata dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021