Toboali (Antara Babel) - Pebulu tangkis muda asal Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung, Alfin Saputra, berhasil meraih juara dalam kejuaraan internasional kelompok umur 12 tahun "Open Flypower" di Lapangan Indoor Senayan, Jakarta.

"Prestasi ini di luar dugaan dan sangat mengejutkan, karena target yang ditetapkan pelatih hanya lolos di delapan besar saja, namun ternyata bisa menjadi juara tiga dalam kejuaraan tingkat internasional ini," kata Ketua KONI Bangka Selatan, Edy Junaedi di Toboali, Babel, Kamis.

Ia menjelaskan, kejuaraan bulu tangkis katagori kelompok U-12  ini diikuti dari berbagai negara seperti Malaysia, Korea, Filipina, Jepang dan Singapura serta Indonesia sebagai tuan rumah dengan peserta sebanyak 126 atlet.

"Alfin Saputra (9) siswa kelas IV SDN 7 Toboali ini sebelumnya ikut seleksi di klub exist selama 1,5 bulan kemudian langsung ikut serta dalam open turnamen bergengsi ini," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan Alfin tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, hingga pengurus bulu tangkis hingga masyarakat.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dari orang tua dalam memberikan motivasi dan semangat kepada Alfin," katanya.

Menurut dia, keberhasilan ini bukan seperti membalikan telapak tangan, namun melalui proses dan jalan panjang, karena sebelum turun ke pentas internasional tentu harus berlaga terlebih dahulu di tingkat lokal dan nasional.

"Berbagai event sudah diikuti oleh Alfin, mulai dari kota Palembang, Batam hingga ke Jakarta untuk mengasah kemampuannya dan tidak sedikit memakan biaya. Hasilnya sangat membanggakan masyarakat Babel, khususnya Bangka Selatan," ujarnya.

Ia berharap, kedepannya akan muncul atlet-atlet yang berprestasi dalam olah raga bulu tangkis untuk mengharumkan nama kabupaten ini khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Semoga dengan kemenangan ini dapat membawa angin segar bagi atlet lain untuk mengenjot prestasi sesuai dengan cabang olah raga yang diminati," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015