Latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Babel, memasuki tahapan gladi kotor. Bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, gladi kotor tersebut diikuti oleh unsur-unsur petugas upacara HUT RI ke 76 pada Selasa (17/8) mendatang.

Dalam gladi kotor tersebut pasukan yang akan bertugas sebagai pasukan inti seperti, komandan pleton (danton), pasukan tiga, penggerek dan pengibar bendera, pembawa baki serta komandan kelompok sudah ditentukan.

"Kendala adek-adek kita yang luar biasa tidak ada hanya perlu perbaikan saja, Insyaallah pasukan sudah ditentukan dan tidak berubah untuk sampai hari pengibaran bendera nanti, semoga kesehatan mereka terus terjaga," kata pelatih Paskibraka Babel, ki Wahyu Nugraha usai latihan gladi kotor.

Selain itu Wahyu mengatakan, pemilihan pasukan inti dinilai dari kriteria individu anggota, bukan hanya fisik tapi berpedoman pada mental anggota itu sendiri.

"Kriteria yang pertama baris berbaris itu sudah menjadi wajib, kalau fisik mereka semua bagus namun mental mereka harus siap tampil dilapangan," imbuhnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Babel Suharto didampingi Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Arwendi berkesempatan menemui para anggota Paskibraka Babel sebelum digelarnya gladi kotor pengibaran bendera guna memberikan semangat dan motifasi.

"Saya sengaja datang ingin mengetahui kendala apa saja yang ada, Alhamdulillah semua aman dan adek-adek merasa nyaman, dengan keadaan ini Insyaallah mereka tetap semangat," ungkapnya.

Ditambahkan Suharto ditengah pandemi Covid 19 yang sedang melonjak ini faktor kesehatan harus tetap dijaga agar seluruh anggota Paskibraka tidak ada yang terpapar.

"Masalah kesehatan harus benar-benar diperhatikan jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan, mari kita berdoa bersama agar mereka dapat melaksanakan tugas ini dengan berhasil," tutupnya. 

Untuk jadwal latihan gladi bersih pengibaran dan penurunan bendera akan dilaksanakan besok Jumat (13/8) dimulai pukul 7.30 WIB sampai dengan selesai. Anggota Paskibraka akan bergabung bersama tim TNI Polri.

Peserta anggota Paskibraka Babel tahun 2021 ini berjumlah sebanyak 32 terdiri dari 17 orang putra dan 15 orang putri yang mewakili 7 kabupaten/kota se Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021