Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta kapasitas "tracing" COVID-19 terus ditingkatkan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Kami harapkan Satgas COVID-19 terus melakukan "tracing" atau pelacakan kasus," kata Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, meskipun saat ini status PPKM di daerah itu turun dari level 4 menjadi level 3 namun bukan berarti kapasitas pelacakan kasus COVID-19 harus turun atau kendur.

"Semestinya harus lebih ditingkatkan soalnya masih banyak kasus-kasus COVID-19 yang belum terdeteksi ini menjadi tantangan tersendiri karena dikhawatirkan menularkan kepada banyak orang," ujarnya.

Dirinya mengapresiasi, kerja keras seluruh lapisan mulai dari jajaran Fokopimda, tenaga medis, tenaga kesehatan, pihak swasta serta para relawan yang telah berjuang sehingga status PPKM di daerah itu turun satu tingkat lebih rendah.

"Namun kita jangan sampai terlena apalagi jumawa karena COVID-19 ini masih tetap menjadi ancaman bersama," katanya.

Dirinya mendorong agar pemerintah daerah dapat terus menyosialiasikan mengenai aturan teknis PPKM level 3 di daerah itu kepada masyarakat.

"Dan yang terpenting adalah tetap dilakukan pengawasan dan kontrol apabila ada ditemukan yang melanggar tetap ditindak dengan diberikan sanksi sesuai ketentuan berlaku," ujar Ansori.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021