Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 4.000 dosis vaksin COVID-19 untuk masyarakat umum.

"Sebanyak 4.000 dosis vaksin baru kami terima beberapa hari lalu dan semuanya kami distribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan untuk segera diberikan kepada masyarakat unum," kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan vaksin tersebut disebar pada sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) secara merata sehingga memudahkan warga untuk mendapatkan slot vaksin.

"Masyarakat yang tinggal di pedesaan bisa mendatangi Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya untuk mendapatkan vaksin," ujarnya.

Menurut dia penyuntikan dosis vaksin sudah dimulai sejak 9 Agustus 2021 dan lebih diprioritaskan pemberian vaksin tahap dua.

"Pemberian dosis vaksin untuk saat ini kami prioritaskan kepada warga yang sudah mengikuti vaksinasi tahap satu dan kemudian dilanjutkan pemberian vaksin tahap dua," katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya membuka slot vaksinasi untuk kalangan remaja dengan usia minimal 12 tahun.

"Jika sudah berumur 12 tahun, boleh divaksinasi dan kami juga memprioritaskan untuk kalangan lanjut usia," demikian Zaitun.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021