Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi menyalurkan berbagai alat pertanian padi untuk membantu beban petani mengembangkan usahanya.

"Kami telah menyalurkan bantuan traktor, pompa air, penggiling padi dan mesin perontok padi kepada kelompok petani di Belitung Timur," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan, dana bantuan berbagai alat pertanian ini berasal dari APBD 2015, dalam upaya meningkatkan animo petani dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi padi.

Alat pertanian yang disalurkan kepada petani di Belitung Timur beberapa hari yang lalu, yaitu dua unit traktor roda dua, satu alat penggiling padi, tiga unit pompa air, satu unit perontok padi.    
    
Selain itu, bantuan peralatan pertanian dari dana APBN 2015 yaitu lima unit traktor roda, satu unit traktor roda empat, lima unit pompa air, satu alat penggiling padi, empat alat perontok padi.      
    
"Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, pengelolaan lahan pertanian petani lebih mudah, cepat, efisien dan efektif dalam meningkatkan produksi," ujarnya.

Selama ini, kata dia, petani dalam mengelola lahan masih dilakukan secara tradisional, sehingga membutuhkan waktu cukup lama dan biaya yang cukup tinggi.

"Untuk tahun ini, bantuan alat pertanian ini memang belum memadai untuk meningkatkan produktivitas pertanian, namun demikia, kami akan terus berupaya seluruh petani akan mendapatkan peralatan yang moderen dan berteknologi mengelola sawahnya," ujarnya.   

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015