Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan bantuan 300 paket sembako kepada warga setempat yang terdampak COVID-19.

"Bakti sosial ini kami lakukan untuk meningkatkan kepedulian para personel terhadap warga di sekitar yang membutuhkan karena terkena dampak pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan penyaluran bantuan dengan menggandeng beberapa organisasi masyarakat dan personel bhabinkamtibmas dengan pola langsung mendatangi rumah-rumah penerima.

"Sebelumnya sudah dilakukan pendataan oleh para personel bhabinkamtibmas bersama petugas kelurahan dan pemerintah desa agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan merata," ujarnya.

Pada tahap awal, kata dia, personel Polres Bangka Barat menggandeng pengurus dan anggota Pramuka Bangka Barat menyalurkan 200 paket bahan pangan pokok di Desa Ibul dan di Mentok.

Selain membagikan bantuan, para petugas juga melakukan pendekatan dengan warga untuk memberikan motivasi kepada mereka agar tetap tangguh dan tidak putus asa selama pandemi.

Pada tahap dua, personel melakukan pembagian 100 paket bahan pangan pokok di perkampungan pesisir Mentok yang dipimpin Kepala Satuan Binmas AKP Edwar.

"Penyaluran tetap dengan pola dari rumah ke rumah warga penerima, selain menghindari terjadinya kerumunan, kami juga ingin menggali informasi dari warga jika masih ada warga lain yang butuh bantuan," katanya.

Pada kesempatan itu, para personel juga sekaligus memberikan bantuan masker kepada penerima bantuan dan warga yang dijumpai belum memakai masker.

Bakti sosial memperingati HUT Ke-76 RI di daerah itu diharapkan bermanfaat bagi warga dalam memenuhi kebutuhan harian di tengah pandemi COVID-19.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya Polres Bangka Barat dalam mewujudkan situasi masyarakat yang aman, tertib, dan kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021