Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis kegiatan usaha perkoperasian mampu membantu mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di daerahnya.

"Saya cukup optimis, usaha koperasi secara bertahap mampu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui peran anggotanya terutama saat pandemi COVID-19 yang mengakibatkan terhambatkan perekonomian," katanya di Sungailiat, Jumat.

Hanya saja kata bupati, maju dan berkembangnya suatu usaha koperasi harus dikelola dengan baik dan benar, mulai dari pengurus, badan pengawas dan anggota hendaknya memiliki misi yang sama.

"Saya menyarankan dalam mengembangkan usaha jangan hanya satu jenis usaha melainkan diperbanyak unit usaha disesuaikan dengan kebutuhan konsumen," jelasnya.

Prinsip perkoperasian jangan diabaikan yakni kata dia, memperkuat musyawarah antara pengurus, badan pengawas dan anggotanya.

"Melalui dinas terkait, kami akan memberikan dukungan, pendampingan dan monitoring kegiatan koperasi baik yang dikelola masyarakat maupun lembaga," katanya.

Dia berpendapat, produk usaha koperasi tidak hanya dipasarkan dalam lingkungan anggota melainkan dapat diperluas ke masyarakat umum yang membutuhkan.

Untuk menjaga agar lembaga koperasi tetap sehat, anggaran dasar dan rumah tangga koperasi tersebut harus dijalankan seperti rutin menggelar rapat anggota tahunan (RAT).

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021