Pemerintah Kota Pangkalpinang, sudah menyiapkan vaksin Covid-19 moderna dosis pertama untuk masyarakat kota itu yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksin ketiga atau booster guna mencegah penyebaran Covid-19 di kota itu.

"Sekarang vaksin moderna, sudah boleh diberikan untuk orang-orang atau masyarakat yang belum divaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Masagus M. Hakim, Rabu.

Ia mengatakan, sebelumnya memang vaksin moderna hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, karena usai divaksin tersebut banyak terjadi Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI). 

"Kalau kita tenaga kesehatan mengerti istilah KIPI biasanya terjadi demam, pusing dan sebagainya. Tetapi kalau memang ada masyarakat umum silahkan dan sudah boleh untuk umum," katanya. 

Dikatakannya, untuk Kota Pangkalpinang menerima bantuan 910 vial vaksin moderna, yang akan diberikan untuk tenaga kesehatan dan masyarakat umum.

"Untuk tenaga kesehatan belum semua diberikan booster moderna, karena berhubung  ada KIPI jadi kita lakukan secara bertahap agar pelayanan kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit tetap optimal," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021