Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung mengadakan pelatihan Kegiatan Peningkatan Koperasi terhadap Peraturan Perundang-Undangan TA 2021 di Hotel Santika Bangka Kab Bangka Tengah, Rabu (8/09/21). Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 pengurus koperasi binaan Prov Kep Babel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung Yulizar Adnan mengatakan, pemerintah terus dorong pemberdayaan koperasi dan UMKM di Babel. Program pemberdayaan diharapkan dapat meningkatkan kemandirian koperasi.

"Program pemberdayaaan diharapkan dapat meningkatkan kemandirian koperasi. Pemberdayaan koperasi ini tanggung jawab bersama dan diperlukan dukungan masyarakat agar budaya berkoperasi yang baik dan benar bisa berkembang di masyarakat," katanya saat membuka pelatihan di Hotel Santika, Rabu (08/09/21).

Dalam pemberdayaan dan pengembangan koperasi tentunya ada beberapa masalah yang dihadapi, seperti masih kurangnya SDM yang berkualitas dan regenerasi pengurus koperasi yang belum berjalan baik. Melihat kondisi ini, pemerintah terus berikan perhatian khusus seperti terus memberikan pembinaan dan pelatihan.

"Pemprov Babel terus berikan perhatian khusus bagi pemberdayaan dan pengembangan koperasi. Pemprov berikan pembinaan dan pelatihan agar SDM koperasi di Babel semakin berkualitas dan berkompeten," ujarnya.

Lebih jauh Kadis KUKM Babel menuturkan bahwa ada tiga dimensi dalam pemberdayaan dan pembangunan koperasi yakni dimensi SDM, dimensi lingkungan dan dimensi kelembagaan. Pada dimensi SDM, pemerintah mendorong peningkatan skill dan keahlian SDM dalam memanfaatkan TIK. 

Sementara pada dimensi lingkungan, pemerintah mendorong peningkatan kemitraan koperasi dengan usaha yang besar. Disisi dimensi kelembagaan, Pemerintah mendorong peningkatan kualitas koperasi dan legalitas serta citra baik koperasi melalui peningkatan kualitas SDM.

"Peran dan fungsi pengurus koperasi yang semakin baik dalam manajemen pengelolaan koperasi akan berdampak pada semakin berkembangnya koperasi di Babel jadi koperasi yang kuat, tangguh dan mandiri," tambahnya.

Melalui pelatihan dan pembinaan koperasi, Kadis berharap kualitas dan kompetensi SDM koperasi di Babel bisa meningkat sehingga koperasi sehat  yang dicita-citakan dapat benar-benar terwujud.

"Kita berharap melalui pelatihan dan pembinaaan, SDM koperasi yang berkualitas dapat meningkat sehingga koperasi di Babel dapat tumbuh dan berkembang menjadi badan usaha ekonomi yang mampu menjadi penggerak ekonomi kerakyatan yang tangguh," harapnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021