Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat minta pengelola pasar agar menjaga kebersihan lingkungan pasar semi modern Sungailiat yang sudah mulai ditempati pedagang.

"Saya minta lingkungan pasar semi modern yang sudah mulai ditempati pedagang ini dijaga kebersihannya agar lebih nyaman bagi pengunjung pasar," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Bupati juga meminta Badan Lingkungan Hidup (BLH) setempat agar memperhatikan saluran air pembuangan limbah di pasar itu agar genangan air tidak sampai menimbulkan aroma tidak sedap.    
    
"Air yang menggenang harus segera dialirkan dan selokan yang tertutup sampah harus dibersihkan, jangan sampai ditunda-tunda," kata dia.

Bupati Tarmizi Saat juga menyarankan agar kendaraan diparkir secara tertib di areal parkir. "Jangan parkir di depan pintu kios pedagang karena akan menutup jalan keluar masuk pembeli," katanya.

Pada kesempatan itu bupati juga menyatakan rencana pihaknya membeli lahan warga di sekitar pasar untuk dijadikan areal pembuangan limbah pasar.

Menurut dia, kondisi lingkungan pasar yang aman, nyaman dan bersih sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan pembeli.

"Kalau lingkungan pasar bersih, aman dan nyaman pengunjung akan senang datang ke pasar untuk membeli kebutuhan, tetapi sebaliknya para pembeli akan enggan datang jika lingkungan pasar kumuh," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015