Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung bertekad meraih penghargaan Adipura 2015, sebuah pengakuan sebagai daerah bersih dan masyarakatnya memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

"Tentu kami berupaya meraih Adipura dengan menjadikan daerah ini lebih bersih dan mendorong masyarakat berbudaya hidup bersih," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Ali Imron di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu Bangka Tengah sudah dilakukan penilaian oleh tim pemantau Adipura dari Jakarta dan hasilnya cukup memuaskan.

"Dalam waktu dekat ini tim Adipura kembali melakukan penilaian tahap dua karena sudah berhasil meraih nilai memuaskan pada penilaian tahap satu," ujarnya.

Ia mengatakan, ada empat daerah di Bangka Belitung yang akan dinilai tim Adipura yaitu Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Hasil panilaian dan pemantauan tahap satu, daerah ini berada nomor dua tertinggi dalam perolehan poin penilaian, kami optimistis pada penilaian tahap dua nanti cukup memuaskan," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 14 item penilaian yang dilakukan tim Adipura di antaranya sekolah, pasar, jalan, TPA, perkantoran, pemukiman, taman kota, bandara dan pantai wisata.

"Pada 2015 ini ada penambahan titik pantau sekolah, sebelumnya sekolah yang menjadi titik pantau yaitu SD1 Koba, SD 2 Koba, SD 6 Koba, SD 8 Koba, SMP I Koba, SMKN 2 Koba,  SMAN I Koba dan sekarang  ada penambahan SD 5 Koba dan SD 4 Koba," ujarnya.

Pihaknya sudah memantau lokasi yang akan menjadi titik pantau tim Adipura untuk memastikan bahwa lokasi tersebut layak menjadi titik pantau tim Adipura.

"Hasil penilaian tahap satu lalu,  mengalami penurunan nilai jika dibandingkan pada 2014 karena hutan lindung Koba mengalami rusak akibat terbakar," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015