Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung akan mengembangkan potensi Pulau Semujur sebagai kawasan wisata bahari yang mampu menarik minat wisatawan.

"Pulau Semujur ini sangat indah, tentu ini merupakan potensi yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata bahari," kata Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman seusai menghadiri acara pembinaan kelompok ekonomi masyarakat pesisir di Semujur, Selasa.

Ia menjelaskan, ke depan tidak menutup kemungkinan Pulau Semujur menjadi destinasi wisata bahari baru di Bangka Tengah selain Pulau Ketawai dan objek wisata lainnya.

"Untuk mewujudkan itu, tentu banyak yang harus dibenahi dan dilengkapi di antaranya fasilitas pendukung berupa infrastruktur, melakukan pembinaan kelompok sadar wisata dan para pelaku usaha penunjang kepariwisataan," jelasnya.

Ia mengatakan, pembinaan terhadap kelompok ekonomi masyarakat pesisir merupakan bagian upaya menjadikan Pulau Semujur sebagai objek wisata potensial.

"Pemerintah daerah tentu akan membantu melatih ketrampilan masyarakat dan melengkapi membangun infrastruktur pendukung, sehingga wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman dan ingin berlama-lama di pulau tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat Pulau Semujur juga dilatih dan didorong untuk selalu melestarikan alam dan menjaga ekosistem laut di pulau tersebut sebagai modal penting untuk mengembangkan objek wisata bahari.

"Saya juga mengimbau masyarakat tidak membuang sampah di sekitar pantai, menjaga kelestarian terumbu karang sehingga tetap asri dan bersih," ujarnya.

Erzaldi mengakui, mengembangkan kawasan wisata membutuhkan waktu dan proses cukup panjang serta melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat sekitar.

"Masyarakat harus sadar wisata, demikian juga pemerintah daerah berupaya melengkapi fasilitas pendukung agar layak menjadi sebuah objek wisata," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015