Penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Bank SumselBabel sampai sekarang tercacat sebesar Rp34 miliar lebih.

"Dengan penyertaan modal sebesar Rp34 miliar lebih ke bank tersebut, diharapkan memperoleh deviden lebih besar," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Rabu.

Dipilihnya Bank SumselBabel dalam penyertaan modal daerah karena bank tersebut, menurut dia, karena merupakan lembaga keuangan mitra pemerintah daerah Provinsi Bangka Belitung dan Sumatera Selatan.

"Penyertaan modal ini sebagai alternatif pemerintah daerah menghemat anggaran karena jangan sampai dana yang setiap tahun dibelanjakan tidak mendapatkan keuntungan," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan penambahan penyertaan modal di bank yang sama tahun 2022 mendatang sebesar Rp3 miliar dan diharapkan setiap tahunnya dilakukan penambahan modal.

"Dana yang tersimpan itu merupakan dana cadangan yang dapat ditarik kembali jika pemerintah daerah membutuhkan," kata Mulkan.

Sementara untuk penyertaan modal di perusahaan umum daerah kata bupati, sampai saat sekarang belum dialokasinya dengan pertimbangan tertentu.

"Kita belum mengalokasi penyertaan modal di perusahaan daerah dan penyertaan dana di Bank SumselBabel," ujarnya.

Bupati memberikan apresiasi kepada sejumlah kepada sekolah tingkat pertama di daerahnya yang dianggap telah berhasil mengajak wali murid atau orang tua murid menabung di Bank SumselBabel.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021