Koba (Antara Babel) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung membantah sistem penjaringan untuk mencari calon yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah hanya sebatas formalitas.

"Tidak formalitas, kami melakukan penjaringan sesuai mekanisme yang ada dan ini membuktikan bahwa partai lebih terbuka dalam menyeleksi calon yang akan diusung," kata Ketua PDIP Bangka Tengah, Edi Purwanto di Koba, Jumat.

Hal itu dikemukakannya menyikapi anggapan sebagian kalangan bahwa penjaringan dan penyeleksian calon yang diusung PDIP hanya sebatas formalitas saja karena secara internal sudah ada kader yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah.

"Tidak seperti itu, kami membuka pendaftaran dan penjaringan secara umum dan siapa saja bisa ikut baik kader dan bukan kader," ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya hanya sebatas melakukan penjaringan calon dan penyeleksian diserahkan kepada tim independen yang sudah dibentuk sebelumnya.

"Kemudian nama yang terjaring dan terseleksi dikirim ke DPP PDIP, pengurus DPP nanti yang menentukan siapa yang akan diusung sebagai calon dalam pemilihan kepala daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, penyeleksian calon dilakukan secara fair tanpa ada intervensi dan kader yang tidak lulus seleksi harus menerima secara lapang dada hasil yang ditetapkan.

"Nanti bisa dilihat, apakah calon yang diusung dari kader atau tidak. Kita lihat saja nanti, namun yang pasti kami hanya sekadar melakukan penjaringan," ujarnya.

Sementara Sekretaris DPD PDIP Bangka Tengah, Me Hoa menyatakan maju sebagai calon dalam pemilihan kepala daerah 2015.

"Saya maju dan saya mengambil posisi calon wakil bupati. Saya sudah mendaftar namun diusung atau tidaknya tentu diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme partai," ujarnya.

Namun demikian, dia mengaku akan menerima dengan lapang dada jika dirinya tidak diusung sebagai calon wakil bupati dan menghormati keputusan partai politik.

"Jika saya tidak diusung, tidak menjadi masalah dan sebagai kader menghormati keputusan partai politik. Siapa yang menjadi keputusan partai untuk diusung dalam pemilihan kepala daerah, maka kami akan dukung secara bersama," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015