Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan keterampilan para pengelola perpustakaan agar mampu berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda di daerah itu.

"Pelatihan pengelolaan perpustakaan terus kami lakukan secara rutin setiap tahun agar perpustakaan semakin menarik dikunjungi dan menjadi pusat kegiatan yang bermanfaat untuk mendukung kesejahteraan masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Soleh di Mentok, Senin, usai membuka bimbingan teknis pengelola perpustakaan bertempat di Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat.

Menurut dia, perpustakaan merupakan pusat berbagai informasi dan ilmu pengetahuan, baik yang berupa buku maupun bahan rekaman lain yang diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pemakai perpustakaan.

Untuk mengimbangi perkembangan perpustakaan yang ada saat ini, pengelola harus siap dan berani mengambil keputusan dalam mengelola sebuah perpustakaan yang disertai dengan perkembangan teknologi.

"Pengelola ibarat manajer yang harus bergerak sendiri untuk mengembangkan perpustakaan, menarik minat baca, melayani pemustaka dan mengembangkan kemampuan," ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan masa kini, berbagai informasi yang cepat dan tepat harus tersaji sesuai dengan kebutuhan pemustaka atau pembaca.

"Mereka para pengelola perpustakaan sebagai kunci ruang informasi yang beragam dan dibutuhkan banyak orang, maka berbanggalah dalam mengemban tugas sebagai pengelola perpustakaan," katanya.

Namun, menurut Soleh, pengelola perpustakaan yang profesional dan banyak mengetahui berbagai ilmu pengetahuan harus disertai dengan peningkatan kemampuan diri agar bisa menangkap berbagai kebutuhan pengunjung.

Melalui pelatihan berkala kepada para pengelola perpustakaan, kata dia, diharapkan dapat menghasilkan tenaga-tenaga perpustakaan terampil dalam mengelola perpustakaan sesuai dengan prosedur dan mekanisme ketentuan yang berlaku.

Pelatihan diikuti 63 orang yang terdiri dari pustakawan dan pengelola perpustakaan desa, perpustakaan SD, SMP, dan pengelola layanan Perpusda Bangka Barat, demikian Muhammad Soleh.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021