Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencanangkan program Desa Sadar Zakat untuk membantu warga setempat yang berekonomi lemah.

"Target kami setiap tahun lahir Desa Sadar Zakat, pada akhirnya nanti seluruh desa sudah sadar menunaikan zakat," kata Bupati Bangka Selatan Riza Hardavid di Toboali, Rabu.

Ia menjelaskan program Desa Sadar Zakat strategis dalam membantu warga yang lemah secara ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan adanya Desa Sadar Zakat ini, dapat memberikan kemandirian desa dalam membangun perekonomian umat dengan konsep dari desa untuk desa," ujarnya.

Ia mengatakan program ini merupakan ide cemerlang dari Kantor Kementerian Agama Bangka Selatan sehingga melahirkan desa percontohan di Desa Rajik dan Permis.

"Desa Sadar Zakat ini programnya mengelola zakat dengan baik dan benar oleh Unit Pengelola Zakat (UPZ) agar para mustahik mendapatkan haknya secara adil dan merata," kata dia.

Menurut Riza, dengan kondisi pandemi yang melanda dunia saat ini, maka peranan Desa Sadar Zakat ini dampaknya terasa bagi masyarakat yang berada di lapisan menengah ke bawah.

"Kondisi pandemi ini tidak menutup kemungkinan dapat meningkatkan angka kemiskinan, zakat menjadi kekuatan ekonomi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021